Senin, 22 Desember 2008

Percepat Booting dan Ringankan beban CPU Pada Windows

Seiring dengan waktu, lama kelamaan PC terasa semakin lambat. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menanggulanginya? Berikut beberapa langkah untuk menanggulanginya.
1.Windows XP memang tampak begitu memukau pada tampilannya. Jika kebutuhan utama Anda adalah kecepatan dan bukan keindahan, setting ulang interface ini dapat menambah kecepatan. Masuk ke System Properties, pilih tab Advanced. Setting ulang pada pilihan Performance. Kemudian pilih “Adjust for Best Performance” pada tab Visual Effects.
2.Menghilangkan wallpaper dan minimalisasi jumlah desktop icon juga dapat mempercepat PC Anda. Kurangi jumlah desktop icon .
3.Berapa jumlah font yang terinstal pada Windows Anda? Makin banyak jumlah font yang terinstal akan menambah berat beban kerja PC Anda. Windows secara default menyertakan sejumlah kurang dari 100 font. Kurangi font yang tidak terlalu penting bagi anda.
4.Anda rajin meng-update driver? Bagus. Namun tahukah Anda, file-file yang digunakan driver lama Anda dapat memperlambat PC. Cara paling mudah menggunakan utility tambahan seperti Driver Cleaner. Utility ini membersihkan driver nVidia dan ATI terdahulu. Driver Cleaner 3.0, juga dapat membersihkan driver lama beberapa chipset motherboard, sound card, dan lain-lain.
5.Bersihkan file sampah dan registry yang perlu untuk dibuang, anda bisa menggunakan utility pembersih registry atau sampah pada komputer anda missal C-cleaner,Registry mechanic,regcure dll.
6.Secara manual anda juga bisa membersihkan file sampah yang menghambat komputer anda saat booting. Anda bisa membersihkan file-file sampah yang biasanya berekstensi “ Pf ” yang biasanya terdapat pada C:\WINDOWS\Prefetch. File ini akan muncul sebagai catatan aktivitas anda berkomputer sehingga sering menghambat komputer anda saat booting.
7.Optimalkan tool bawaan Windows seperti Disk Cleanup dan Disk defragmenter untuk optimasi komputer anda.
By : Kn1n0@yahoo.co.id

Tidak ada komentar: